Istana Bogor : Rumah Presiden, Peternakan Rusa, atau Tempat Patung Nakal ?


Istana Bogor : Rumah Presiden, Peternakan Rusa, atau Tempat Patung Nakal ?

http://melampauidunia.blogspot.com/
Istana Bogor

Ini merupakan postingan pertama saya di blog ini dan juga postingan pertama saya mengenai hal-hal jalan-jalan. Pada postingan kali ini saya hanya ingin berbagi sedikit pengalaman saya pergi ke Istana Bogor. Mungkin wisata ke Istana Bogor hanya dapat dirasakan sekali setahun. Menurut yang saya tahu bahwa Istana Bogor gak buka tiap hari. Istana Bogor hanya dibuka untuk umum sekali setahun ketika perayaan HUT Kota Bogor. Jadi saya termasuk 1 dari sekian banyak orang yang bisa masuk Istana Bogor.
http://melampauidunia.blogspot.com/
Rusa Istana Bogor
Bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila, 1 Juni, saya beserta teman-teman asrama pergi ke Istana Bogor. Berbekal baju seragam sekolah, uang pas-pasan dan muka kumuh, kami berangkat pukul 8 pagi supaya nantienggk kejebak macet karena jam sembilan istananya udah dibuka. Untung saja pak angkotnya udah minum obat kuat, jadi kami enggak sampe terlambat.

Sebelum memasuki kompleks Istana Bogor, kami dipersilahkan terlebih dahulu untuk mendaftar kembali di Kantor Walikota Bogor. Rencana yang sebenarnya jam 9 udah masuk kompleks akhirnya tidak terlaksana. Masih ada jam karet sampe kami harus menunggu beberapa lama kemudian. 

http://melampauidunia.blogspot.com/
Lewat Gerbang Samping

Setelah menunggu, kami akhirnya dipersilahkan untuk jalan bersama rombongan lain ke gerbang samping Istana Bogor. Dikarenakan Istana adalah rumah dan tempat kerja Presiden, sebelum masuk kami harus diperiksa sama Paspampres. Tapi sama saja, setelah saya lihat-lihat, mungkin sangking banyaknya orang, si pak paspampresnya hanya memeriksa yang beda dengan saya dimana harus lebih ketat.

Masuk Istana Bogor, yang paling pertama kali saya ingin lihat adalah rusa. Jujur, pertama kali saya melihat Istana Bogor saya sempat mengira itu adalah peternakan rusa. Saya berkesimpulan lebih banyak rusanya daripada manusianya. Ini Istana Bogor atau Rumah Potong Hewan Bogor?


Saya sempat surfing di Internet bahwa rusa tersebut merupakan rusa yang langsung didatangkan langsung dari Nepal. Awalnya cuma ada 6 ekor. Tapi mungkin karena udara Bogor yang sejuk membuat rusa-rusa itu sering kawin. Jadilah mereka berkawin ria sampe punya anak, cucu, cicit, cocot yang jumlahnya sekitar 600 seperti sekarang ini.

Pernah sempat suatu waktu, para rusa ini mempunyai hasrat yang tinggi sampe-sampe populasi rusanya sudah 900-an. Untuk menghemat biaya agar tidak berat dalam memberi makan maka rusa-rusa itu kemudian dibagi-bagikan. Tetapi menurut saya walaupun tidak dibagi-bagikan tetap saja kehidupan mereka terjamin. Soalnya di area luar Istana Bogor banyak orang memberi makan wortel yang dapat dibeli dari pedagang-pedagang sekitar Istana Bogor. Kok jadi bahas rusa, ya?
Kembali ke cerita. Sayang ketika hari itu rusa-rusa lagi sembunyi. Sejauh mata memandang gak ditemukan rusanya. Tapi gak apa-apa soalnya tujuan saya ke IstanaBogor bukan hanya melihat rusa tapi lebih dari itu. Saya mau ngambil 1 rusa untuk jadi anak angkat(Bohong).

Saya melihat banyak sekali patung di Kompleks Istana Bogor. Mulai dari patung singa, patung orang lagi nari sampe patung tanpa busana. Jujur saja, di kompleks ini saya lihat banyak sekali patung-patung dewasa.

Ini yang beginian menjadi masalh ni, gimana nasib para jomblo yang lagi di rombongan? Bisa-bisa patungnya pada hilang dibawa pulang. Tapi selain itu, saya juga memikirkan nasib bangsa ini soalnya dalam rombongan banyak sekali pelajar yang datang. Temasuk saya. Bagaimana dengan anak SD yang mukanya masih polos-polos? Bisa-bisa pulang nanti mereka pada minta kawin sama orang tuanya. Minta kawin sama tiang. Makin ngawur ni omongannya.
Patung di ruang Garuda
Dari sekian banyak patung yang telanjang itu cuma ada 1 patung yang masih ingat mati, yaitu patung di ruang Garuda tempat Presiden rapat.


Walaupun kami bisa masuk kompleks Istana Bogor bukan berarti kami bisa masuk gedungnya. Pengunjung hanya diperbolehkan sampe pintu ruangan.


Ikuti cerita lainnya di postingan selanjutnya,,,,,,,


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Ads Inside Post